Smart, creative, and inpirative

How to Cultivate Focus and Emotion to Our Students?

Image
The Strategies  of Cultivating Focus and Emotion to the Students The Students entering into the classroom have diverse background, condition or situation, and potency. Majority of them have difficulties in focus and emotion, and it is not easy to tell them to cncentrate or focus in learning. They enter into the classroom with empty brain, and they do not have any purposes to go to school. Therefore, the alternative ways or strategies are very urgent. There are ten strategies that can be used to cultivate focus and emotion to our students in learning. Before understanding the strategies, we should know the definition of focus and emotion in advance. A. The definition of Focus and Emotion 1. The Definition of Focus In the educational context, focus denotes the capacity to direct one's attention and concentration towards a specific objective, subject, or task. This entails the ability to eliminate distractions, sustain attention over time, and actively participate in the learning proc

Apakah ada Pengaruh Kegiatan PKB terhadap Kompetensi Pengawas?

       Pemerataan Kompetensi Pengawas Melalui Kegiatan PKB                                                   

Bekasi – Pada hari Senin, tanggal 29 Agustus 2023, Pokjawas Kabupaten Bekasi melakkan kegiatan pembukaan PKB pengawas yang dilaksananakan di pesantren sirajul Ummah dengan materi  Supervisi manajerial. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini dalaksanakan dengan fokus pada Peningkatan Kompetensi Pengawas Madrasah dalam Supervisi Manajerial.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengawas madrasah yang bertugas di wilayah Kantor kemenag kabupaten Bekasi, dan juga dihadiri oleh ketua yayasan Sirajul Ummah. Namun Kepala kantor kemenag kabupaten Bekasi dan Kasih Dikmad tidak bisa mengahadiri pembukaan PKB tersebut dikarenakaan ada acara yang tidak bisa diwakili.

Dr.Kurnali, Ketua Pokjawas Madrasah Kankemenag Kabupaten Bekasi, menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pemerataan  kompetensi, profesionalisme, serta produktivitas Pengawas Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi secara berkelanjutan.

Pada acara pembukaan PKB tersebut, ada kata-kata yang menarik dari fasda, Ahmad Fauzi, ada dua hal yang perlu dikuasai oleh seorang pengawas madrasah “basic knowledge tentang tufoksi pengawas dan ilmu digital technology”. Kedua hal tersebut memang benar sangat urgen untuk menjadi contemporary supervisor.

Selanjutnya, Bang Fauzi juga mengatakan bahwa kegiatan PKB ini sangat penting sekali terhadap pemerataan kompetensi pengawas, karena tidak semua pengawas mempunyai kompetensi sama, tentu ada perbedaannya, atau dengan kata lain tidak semua pengawas pintar dan menguasai semua ilmu, tapi ada juga yang kurang. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan PKB ini sekurang- kurangnya ada dua hal yang bisa disimpulkan yaitu pengawas yang kompetensinya kurang menjadi meningkat dan pengawas kompetensinya tinggi bisa berbagi dengan temannya.

Disamping itu, kegiatan PKB ini juga mempunyai hikmah atau dampak positif yang sangat signifikan, yaitu semkin meningkatnya rasa kebersamaan, persaudaraan, dan keharmonisan, sehingga apapun kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan yang ingin dicapai  dapat berjalan dengan baik.

Jika kawan2 punya komen silahkan tulis di kolom komen blog ini, thanks.

Comments

Popular posts from this blog

How to Cultivate Focus and Emotion to Our Students?

Menyulam Hubungan Hangat dan Meningkatkan Kualitas Hidup bersama Orang Lain

What are the Effects of the Socractic Method on the Students' Critical Thinking Skill?